Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo

suasana dingin nan sejuk dengan panorama yang indah adalah dambaan dari setiap orang yang sedang merasakan penat dan stress. Kebun teh mungkin menjadi opsi yang pas untuk itu, apalagi lokasinya didataran tinggi. “Kebun Teh Nglinggo” biasa masyarakat sekitar menyebutnya. Kebun teh dengan lokasi yang strategis diatas pegunungan Menoreh yang merupakan satu-satunya di Jogja.
Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo

Di pagi yang cukup cerah, kami Darma Jaya Tour & Travel beragenda untuk mengunjungi Kebun Teh yang ada di Dusun Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Perkebunan teh ini berada di ketinggian 800 mdpl yang membentang cukup luas di Pegunungan Menoreh. Banyak hal yang dapat kita nikmati bila ada di sini, salah satunya kita dapat menikmati indahnya panorama delapan pencak gunung bila dalam keadaan cuaca yang cerah serta menikmati indahnya bukit batu. Delapan puncak gunung itu adalah Merapi, Merbabu, Slamet, Prau, Ungaran, Sumbing, Telomoyo, dan Sindoro.
Kebun Teh Nglinggo

Untuk dapat menikmati Kebun Teh yang bak seperti permadani hiaju, yang ada dilereng-lereng berundak. Memerlukan perjuangan yang lumayan mamacu adrenalin, karena melewati lumayan banyak tanjakan. Dan lebih asyiknya kita menggunakan motor, karena sensasi melewati tanjakan lebih greget. Tapi cek terlebih dahulu keadaan kendaraan anda, pastikan dalam kondisi prima ya guys?
Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo

Di Kebun Teh Nglinggo selain anda menikmati indahnya panorama alam yang memukau, anda juga dapat belajar seni, pertanian dan ternak kambing. Seni yang dapat anda pelajari di sini adalah membuat topeng, membatik, jathilan hingga tari lengger. Pengunjung juga di izinkan untuk berjalan-jalan dilereng-lereng perkebunan, dengan tidak merusak. Banyak dari kalangan anak-anak muda yang mencari spot foto disela-sela deretan tumbuhan teh yang ada.

Asal mula penamaan Kebun Teh Nglinggo bermula dari daerah dimana kebun teh ini berada, yaitu di Dusun Nglinggo, nama dari dusun ini bermula dari kisah kepahlawanan Pangeran Diponegoro beserta pengikutnya melawan Belanda di Perbukitan Menoreh. Dahulunya ada tiga pengikut pangeran Diponegoro yang menyusun siasat perang melawan Belanda dikawasan sekitar Dusun Nglinggo dan perbukitan Menoreh. Nama-nama dari ketiganya adalah Ki Gagak Roban, Ki Linggo Manik, dan Ki Dalem Tanu. Pangeran Diponegoro menunjuk Ki Linggo Manik sebagai pemimpin perang, untuk mengenangn perlawanan tersebut, masyarakat sekitar mengabadikan nama salah satu pengikut Pangeran Diponegoro yaitu Ki Linggo Manik sebagai nama dusun. Yang kini menjadi nama kawasan wisata, tepatnya berada di barat padukahn Nglinggo. untuk ebih detalinya saksikan video berikut oleh Palupi Aryo (Trip Kebun Teh Nglinggo & Puncak Kukusan Kulon Prog Gopro Hero)

Setelah lelah berkeliling, kami paket wisata jogja pun tak lupa sempatkan diri untuk mampir menikmati segelas teh asli Nglinggo yang diracik oleh warga setempat. Yang berada dikedai atau warung kecil disekitar perkebunan. Segelas teh dan ditemani beberapa cemilan mampu menghilangi rasa lelah kami. Setealah hilang rasa lelah kami, kami pun pelang dengan gembira dan frash setelah menikmati perjalanan yang mengasyikan, So, kapan kalian kesni guys? ??

Fasilitas yang ada di Kebun Teh Nglinggo meliputi : Parkiran yang cukup luas, pusat jajanan, tempat pertemuan yang berkapasitas 100 orang, bumi perkemahan, dan homestay. Untuk Tiket dikenakan Rp. 3.000,-/orang , murah meriah buakan? ??


Rute perjalanan menuju Kebun Teh Nglinggo bila anda dari Kota Jogja :

    Jalan Godean lurus hingga perempatan Kentheng Nanggulan Kulonprogo
    dari perempatan belok kanan (ke utara)
    Susuri jalan hingga perempatan dekso kalibawang (ada patung garuda)
    Belok kiri (ke barat) menuju Samigaluh.
    Ikuti jalan melewati pinggir sungai hingga jalan menanjak dan berkelok
    Di pertigaan Pasar Totogan ambil kiri/ jika lurus (arah puncak suroloyo)
    Melewati SMPN 2 Samigaluh
    Pertigaan Pasar Plano ambil kanan
    Ikuti papan petunjuk dan sampailah anda.

Komentar

Postingan Populer