Yuk Grojogan Sewu ala Kulon Progo !!!

Grojogan Sewu Kulon Progo terletak di dusun Beteng, desa Jatimulyo, kec. Girimulyo, kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta. Rutenya dari Yogyakarta yaitu dari Yogyakarta menuju godean, terus saja hingga sampai perempatan Kenteng, setelah perempatan Kenteng terus saja menuju barat dengan jalan menanjak dan pemandangan elok disebelah kanan-kiri yang berupa persawahan yang sangat luas, setelah itu akan menemui tanjakan ringin (begitu menyebutnya) tanjakan panjang yang membuat mesin kendaraan memaksimalkan performanya, terus saja hingga menemukan pasar kecil sebelum naik menuju Goa Kiskendo ada palang kecil disebelah kiri bertuliskan ‘Grojogan Sewu’, ikuti saja jalannya hingga masuk jalan kecil dengan kondisi jalan yang cukup buruk hingga sampai lokasi.Sesampainya dilokasi, parkir motor dirumah penduduk (minta ijin dahulu) dan untuk mencapai Grojogan Sewu harus trekking melewati jalan turunan sekitar 15 menit dengan medan yang cukup mudah karena sudah dibuat anak tangga buatan oleh warga sekitar hingga menuju lokasi. Kejernihan airnya membuat ingin segera bermain air,


 banyaknya curug dan kolam untuk bermain air menjadikan banyak pilihan untuk melepas lelah. Curug yang paling atas memiliki ketinggian sekitar 8-9 meter yang berbentuk vertikal lurus kebawah dengan kolam paling besar dan sangat jernih, dan mungkin yang paling dalam dari yang lainnya. Air dari Curug yang pertama mengalir melewati beberapa anak sungai kecil yang pada akhirnya sampai pada curug ke-2 yang lebih pendek dan tidak terlalu deras, karena beberapa aliran menuju kesamping melewati beberapa anak sungai yang membentuk aliran sendiri disamping curug ke-2.



Setelah melalui curug kedua air mengalir dengan satu jalur menuju curug ketiga yang juga tidak terlalu tinggi namun lebih deras dari curug ke-2, dengan aliran yang sedikit berbelok dan cukup deras membuat curug ke-3 ini memiliki kolam yang lumayan kecil dan tidak terlalu dalam yang mengarah langsung curug ke-4.

Curug ke-4 bentuknya cukup unik dan tidak terlalu tinggi dan memiliki kolam yang sedikit lebih besar, sangat cocok untuk rame-rame  dan di curug ke-4 ini aliran sungai yang terpisah pada curug ke-2 tadi menyatu lagi di kolam curug ke-4..Setelah melalui curug ke-4 makan aliran sungai kembali membentuk satu aliran menuju kolam kecil dengan aliran yang sedikit melebar menuju curug ke-5 yang mempunyai dua curug kecil yang berdekatan dengan bentuk yang unik. Pada curug ke-5 juga terdapat kolam untuk bermain air, tidak kalah dengan kolam-kolam atasnya, karena bentuk curug ke-5 ini lain dari atasnya. Setelah curug ke-5 akan lanjut ke curug ke-6 dengan satu aliran dengan medan bebatuan yang sedikit miring dan halus dan berbelok, ketika melihatnya akan terlintas untuk bermain ‘plosotan’ menuju curug ke-6 yang paling pendek dan kolam dibawahnya juga paling dangkal dan melebar dengan bebatuan halus yang cocok untuk tiduran di air,

Jika anda mengunjungi Grojogan Sewu Kulon Progo pastikan kendaraan anda dalam kondisi fit, walaupun tidak terlalu jauh namun ada beberapa tanjakan yang membutuhkan kerja mesin secara maksimal  dan jangan seperti teman saya yang bawa pacar disuruh turun dan jalan kaki hahahhah,, dan jangan lupa membawa bekal karena disekitar lokasi belum ada warung, tidak ada kamar mandi juga, dan tidak ada tempat sampah, jadi pastikan jika anda sudah mau pulang jangan tinggalkan sampah anda.

Komentar

Postingan Populer